Penyebab Anak Gampang Sakit

Apa anda memiliki masalah dimana anak anda merupakan kategori anak gampang sakit? Dimana anak gampang sakit ini berdampak pada kegiatan anak sehari hari seperti kegiatan belajar atau kegiatan bermain menjadi terhambat. Perlu untuk diketahui ternyata pola hidup yang di lakukan oleh orang tua yang diterapkan kepada anak ternyata dapat meningkatkan kekbalan tubuh anak sekaligus juga dapat menurunkan kekebalan tubuh anak. Lalu apa saja penyebabk anak gampang sakit? Berikut beberapa penyebab mengapa anak gampang sakit yang tidak disadari oleh orang tua.

  1. Anak kurang mendapati asupan probiotik

Asupan probiotik ternyata sangat penting untuk kesehatan anak. Perut yang dalam kondisi sehat akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Semakin banyak bakteri yang ada di dalam usus maka akan semakin kuat juga pertahanan tubuh pada anak untuk melawan bakteri atau virus pembawa penyakit. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu menyediakan makanan serta minuman yang mengandung probiotik tinggi, seperti suus fermentasi, tempe, sayuran berfermentasi dan juga yoghurt.

  1. Anak kurang asupan nutrisi di dalam makanannya

Buah dan sayur mengandung banyak sekali berbagai vitamin dan juga mineral yang tidak bisa didapatkan dari sumber makanan lain. Maka sangat penting sekali anak untuk mengkonsumsi buah dan sayur dalam makanan sehari hari nya. Dalam mengolah sayur agar anak menyukai nya anda dapat mengolah nya menjadi makanan yang disukai oleh anak. Buatlah menjadi kreatif agar anak ingin mengkonsumsi ini merupakan kunci utama nya.

anak gampang sakit

  1. Kurang tidur dapat menjadi penyebab anak gampang sakit

Anak membutuhkan waktu tidur yang berkualitas agar anak tetap sehat. Orang tua dapat membantu anak dalam memastikan apakah tidur anak sudah berkualitas atau belum dengan cara mengurangi penggunaan gadget pada anak.  Dengan cara ini dapat membantu anak agar tidak mengalami rangsangan yang terlalu banyak saat anak sedang tidur. Sebelum waktunya tidur sekitar dua jam sebelum istirahat lebih baik anda mengentikan aktivitas anak dari berbagai barang elektronik seperti gadget atau televisi. Untuk menggantikan alat itu orang tua bisa membacakan cerita dongeng kepada anak, dengan mendongeng otak anak akan lebih tenang dan siap untuk beristirahat.

  1. Orang tua jarang mengajak anak bermain

Melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda, berlari, jalan santai hingga melakukan piknik dapat membuat anak mendapatkan serta merasakan udara segar sekaligus mereka secara tidak langsung berolahraga. Dengan melakukan aktivitas ini dapat membantu meningkatkan asupan vitamin D dari sinar matahari yang dapat membantu dalam menguatkan sistem imun pada anak. Dengan begitu anak akan senang melakukan aktivitas terlebih jika bersama sama dengan orang tua nya. Namun bila anda hanya menyuruh anak untuk bermain atau melakukan aktivitas diluar tanpa ditemani orang tua mungkin anak akan merasa enggan untuk melakukannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*